SIM PDK Kab Tegal

SIM PDK merupakan Media Informasi dan Pendataan Online Dikdasmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal. Mencakup Pendaftaran Lomba dan Pendataan - Pendataan Pendidikan ditingkat SMP/MTs Kabupaten Tegal.

Login

Sekolah

Ujian Nasional

Pelaksanaan Ujian Nasional Jenjang SMP/MTs Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020 / 2021 akan dilaksanakan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) yang selama ini sudah berjalan. Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tentunya tidak mudah, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu sarana ruang khusus berjaringan baik listrik maupun LAN, koneksi internet, perangkat komputer untuk client dan server, dan sumberdaya manusia yang memadai serta dukungan seluruh warga satuan pendidikan serta orang tua siswa. Penyelenggaraan UNBK Jenjang SMP/MTs pertama kali di Kabupaten Tegal dilaksanakan pada tahun 2016 secara online dan hanya diikuti oleh 1 satuan pendidikan saja yaitu SMP Negeri 1 Slawi. Hasil penyelenggaraan UNBK pada sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2017 pelaksanakan UNBK diikuti peserta sebanyak 13 satuan pendidikan yang terdiri dari 9 SMP dan 4 MTs. Pada tahun 2018 yang lalu peserta UNBK diikuti peserta sebanyak 37 satuan pendidikan yang tediri dari 19 SMP dan 18 MTs. Penyelenggaraan Ujian Nasional Jenjang SMP/MTs pada tahun ini diikuti oleh : satuan pendidikan yang terdiri dari SMP dan MTs, SLB Negeri, SLB Swasta dan diikuti oleh siswa yang terdiri dari siswa SMP, siswa MTs, SLB Negeri, SLB Swasta.

Penyelenggaraan Ujian Nasional Jenjang SMP/MTs pada tahun ini jumlah satuan pendidikan yang akan mengikuti UNKP mulai berkurang menjadi satuan pendidikan yang terdiri dari SMP dan MTs. Dan terdaftar akan diikuti oleh siswa yang terdiri dari siswa SMP dan siswa MTs. Sedangkan jumlah satuan pendidikan yang akan mengikuti UNBK melonjak tajam menjadi satuan pendidikan yang terdiri dari SMP dan MTs. Dan terdaftar akan diikuti oleh siswa yang terdiri dari siswa SMP dan siswa MTs.

Meningkatnya jumlah peserta UNBK pada tahun 2019 ini seiring dengan kebijakan resources sharing yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yaitu memperkenankan sekolah yang sarana komputernya masih terbatas melaksanakan UNBK di sekolah lain yang sarana komputernya sudah memadai serta dukungan dari masyarakat dan orang tua siswa. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). Diharapkan peserta penyelenggaraan UNBK ke depan akan lebih meningkat lagi seiring dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat dan daerah terkait dengan usaha pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana UNBK.